Sosialisasi Survei Seismik 3D Pulau Panjang - Sungai buluh Komplek PT.Pertamina EP

Berita SKPK Dilihat: 190

WhatsApp_Image_2021-12-02_at_090512.jpeg - 84.97 kB

Seruway – Untuk mencari cadangan sumber minyak di Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, PT Pertamina, sosialisasikan kegiatan Survei Seismik 3D pulau Panjang -Sungai Buluh Komplek di wilayah Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

Sosialisasi ini diadakan di 7 (tujuh) Kampung yang terlewati dalam Kecamatan Seruway yaitu Kampung Sukaramai Satu, Sukaramai Dua, Perkebunan Gedung Biara, Air Masin, Sidoddi, Tualang  dan Gedung Biara yang diikuti oleh Masyarakat pemilik tanah yang terlewati dalam kegiatan survei sismik ini, Hadir juga pada sosialisasi itu, Forkopimcam Kecamatan Seruway dan perwakilan dari Cip Humas PT. El Nusa.

"Dengan sosialisasi dari Pertamina di tingkat desa. Masyarakat bisa tahu tanah mana saja yang terdampak dari pencarian titik sumber minyak bumi di sini," kata Camat Seruway, M.Hans dalam pembukaan sosialisasi Seismik ini. Camat juga berharap pertemuan antara Pertamina dengan warga , paham dan jelas maksud tujuan perusahaan dalam kegiatan survei seismik 3D di wilayah ini.

"Kita berharap warga benar-benar paham maksud tujuan kegiatan Pertamina dan tanah atau area mana saja yang terkena atas kegiatan tersebut. Dengan begitu ke depannya, tidak terjadi salah paham antara warga kami dengan perusahaan." imbuhnya.

Kami berharap, warga yang hadir, mengerti apa yang disosialisasikan. Juga nantinya, pihak Pertamina menginfokan kepada masyarakat yang akan dilewati kegiatan survei uji seismik 3D tersebut," pinta Camat Seruway, M.Hans Marta Kesuma, S.STP, MSP tersebut.

Dalam kesempatan itu, pihak dari pertamia memaparkan kepada warga setempat bahwa giat awal uji seimik 3D dilaksanakan di Kecamatan Seruway ini untuk mencari cadangan sumber minyak baru. "Jumlah produksi minyak mentah nasional kian menurun. Sedangkan, kebutuhan minyak kian meningkat, dan Pertamina diberikan tugas mencari cadangan sumber minyak dan gas bumi guna mencukupi kebutuhan BBM Nasional tersebut," ucapnya.

Selain faktor penurunan cadangan minyak nasional. Dalam sosialisasi itu, sampai saat ini Indonesia masih membeli minyak dari luar. "Kita tahu Indonesia kaya akan minyak bumi. Karena kurang mencari sumber minyak dan gas bumi, menjadi tugas kami di sini mencari cadangan sumber tersebut," sambungnya.

Adapun sumber cadangan minyak dan gas bumi salah satunya ada di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. "Tugas seismik untuk mencari titik lokasi sumber minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia, dengan cara memfoto satelit dan pakai alat yang kami punya sehingga uji tersebut baru kelihatan terdapat minyak atau tidaknya di perut bumi akan diketahui setelah kegiatan proses ini selesai," bebernya 

WhatsApp_Image_2021-12-02_at_090512_2.jpeg - 200.22 kB

Sosialisasi Kp.Sukaramai Satu

WhatsApp_Image_2021-12-02_at_090512_1.jpeg - 91.73 kB

Sosialisasi Kp.Sidodadi

WhatsApp_Image_2021-12-02_at_090917.jpeg - 92.78 kB

Sosialisasi Kp.Tualang

WhatsApp_Image_2021-12-02_at_090916.jpeg - 62.07 kB

Sosialisasi Kp.Air Masin

 

 

Cetak