Pelantikan Kepala Mukim dalam wilayah Kecamatan Seruway periode 2021 s/d 2026

WhatsApp_Image_2021-11-15_at_104801_2.jpeg - 146.36 kB

Seruway - Sekretaris Aceh Tamiang, Drs.Asra mengukuhkan dan mengambil sumpah 4 orang kepala mukim dalam wilayah Kecamatan Seruway, (Senin, 15 November 2021).

Keempatnya yaitu Muhammad Us sebagai kepala mukim Tangsi Lama, M.Syahrul sebagai kepala mukim Muka Sungai Kuruk, Naharuddin sebagai Kepala Mukim Sungai Kuruk dan Syahril sebagai Kepala Mukim Gedung Biara. Pengukuhan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Seruway dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) Covid-19 yang ketat.

Saat pelantikan, keempat Kepala Mukim dari 4 Kemukiman tersebut mengenakan baju adat Aceh Tamiang yang merupakan bagian dari tugas dalam melestarikan budaya Aceh.

WhatsApp_Image_2021-11-15_at_104801_1.jpeg - 128.38 kB

Sekda Aceh Tamiang, Drs.Asra menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai kepala mukim yang tertuang dalam Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2003 tentang pemerintahan mukim, seperti pembinaan masyarakat, melaksanakan kegiatan adat istiadat, pelaksanaan syariat Islam dan sengketa.

" Dalam melaksanakan tugas, Kepala mukim harus mampu bersinergi dengan parab Datok Penghulu, MDSK Kampung, para tokoh agama serta tokoh masyarakat dalam wilayahnya," ujar Drs.Asra.

Sekda menjelaskan, para Kepala mukim di Aceh Tamiang memiliki peran penting dalam menyelesaikan persoalan adat maupun persoalan sosial kemasyarakatan dalam wilayah kerjanya.

Selain itu, Kepala mukim juga harus berada di garda terdepan dalam penegakan syariat islam dan menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat di wilayahnya.


Cetak