Musrenbang Kecamatan Seruway Prioritaskan Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi

Kecamatan Seruway menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Camat Seruway, yang di buka oleh Camat Seruway Husaini,SH, Kamis (14/02/2019).

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Danramil Seruway,Kapolsek Seruway,Perwakilan SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang,Delegasi Kampung (Datok Penghulu,Sekretaris dan MDSK), Kelompok-kelompok sektoral tingkatan kecamatan seperti: Petani,nelayan dll,Kelompok perempuan, serta kelompok lainnya, dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Aceh Tamiang khususnya dari Dapil II yaitu di Antaranya Bapak Edi Susanto,H.Saiful Sofyan, Sugiono Sukandar, Muhammad Nuh, Ibu Juniati, Erawati Is, Irma Suryani, Ngatiyem.

Camat Seruway Husaini, SH di awla Sambutannya mengucapkan Ribuan Terima Kasih kepada para Anggota Dewan yang berkenan hadir  dalam musrenbang 2019 ini, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kampung/desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kampung di kecamatan yang bersangkutan.Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.Lembaga penyelenggara Musrenbang kecamatan adalah kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu,dan dokumen-dokumen yang relevan untuk penyelenggaraan Musrenbang kecamatan.

Kepala Bappeda Drs.Rianto Waris dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan Pembangunan, Ismawati, Sp. mengatakan,“Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan Desa/Kampung di lingkup Kecamatan yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kampung, yang diintegrasikan dengan Prioritas Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan yang mencakup : 1. Usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kampung yang tertuang dalam daftar usulan Desa/Kampung yang akan menjadi Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan harus sesuai dengan Sasaran dan Prioritas Pembangunan; 2. Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa; dan 3. Pengelompokan Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota,”.

 


Cetak