Pekan Seruway Gotong-royong Cegah DBD

SERUWAY - Warga Kampung Pekan Seruway, Bersama Forkopimcam Kecamatan Seruway mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan untuk menekan pertumbuhan jentik nyamuk penyebab demam berdarah dangue (DBD).(Jumat/09/08/2019)

Sekretaris Kecamatan Seruway mengapresiasi semangat warga dalam membersihkan lingkungan demi menekan pertumbuhan jentik nyamuk penyebab DBD.

“Kami mengapresiasi tokoh masyarakat dan seluruh warga, khususnya Kampung Pekan Seruway dan sekitarnya. Ternyata masih antusias untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungannya, peduli terhadap lingkungannya,” kata Cakra Agie Winapati.

Dia juga mengimbau agar masyarakat peduli terhadap segala macam penyakit. Tidak hanya mengandalkan pemerintah, namun harus dimulai dari diri masing-masing.

“Lebih khusus kepada ibu-ibu yang lebih banyak berada di rumah. Kalau sehabis masak, misalnya tempayan disimpan rapi agar tidak menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk,” jelasnya.

Warga tampak bergotong-royong membersihkan selokan dan tempat mengendapnya sampah di lingkungan masing-masing dengan dibantu petugas dari Forkopimcam Kecamatan Seruway yang mengangkut sampah hasil kerja bakti.(Fz)

 

FORKOPIMCAM AMBIL LANGKAH PERSUASIF UNTUK PARA PEDAGANG

SERUWAY - Forkopimcam Seruway bersama Satpol PP Aceh Tamiang melakukan penertiban dan Sosialisasi terhadap pedagang di pasar tradisional Pekan Seruway. Selain sangat mengganggu estetika jalan serta membuat kawasan sekitar jorok akibat sisa sampah dagangan berserakan di bahu jalan, Pedagang ini juga kerap menyebabkan terjadinya kemacetan sehingga terganggunya kelancaran arus lalu-lintas di jalan Pekan Seruway.

Camat Seruway, Padiluk Tahir, SE mengatakan, penertiban yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut visi misi Bupati Aceh Tamiang tentang ketertiban pasar. “Selain tindak lanjut atas visi misi Bupati, penertiban juga menindaklanjuti keresahan warga, terutama masyarakat pengguna jalan. Sebab, mereka merasa terganggu karena barang dagangan yang sampai ke badan jalan yang menyebabkan terjadinya kemacetan,” katanya, Jumat (29/07).

Penertiban dilakukan di Sepanjang Jalan pasar Pekan Seruway hingga jalan arah menuju Muka Sei Kuruk “Dalam melakukan penertiban, saya telah mengingatkan kepada anggota untuk mengedepankan tindakan persuasif.,kita mengerti mereka cari makan ,perputaran ekonomi harus tetap jalan, tetapi aturan yang ada tolong juga diikuti” ucapnya.

Begitu tiba di lokasi yang menjadi objek penertiban, Rombongan langsung menemui pedagang dan meminta agar tidak berjualan di bahu jalan. Penertiban berjalan lancar, tak satu pun Pedagang yang bersikukuh menolak penertiban. Mereka umumnya pasrah dan segera mengangkat barang dagangan yang ditempatkan di bahu jalan. Petugas Satpol PP ikut membantu agar proses pemindahan berlangsung cepat.

Usai dilakukan penertiban, para pedagang diingatkan agar tidak menggelar barang dagangan nya kembali hingga ke bahu jalan yang telah ‘dibersihkan’ tersebut. Bahu jalan bukan tempat berjualan, melainkan fasilitas umum. Jika kedapatan berjualan kembali, akan langsung di tindak tegas.(Fz)

 

Peusijuk Calon Jamaah Haji asal Seruway

Seruway -- Plt.Camat Seruway Padiluk Tahir, SE mengingatkan kepada para calon haji asal Seruway untuk selalu menjaga menjalin kebersamaan dan kekompakan antarjamaah calon haji  agar bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk. 

"Kita harapkan kepada seluruh jamaah calon haji dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan baik, jaga kekompakan dan kebersamaan sebab tanpa kedua hal itu tujuan sulit tercapai," ucap Camat, Kamis (16/07).

Pada kesempatan itu, Plt.Camat Seruway Padiluk Tahir, SE menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada 7 jamaah yang akan berangkat dalam beberapa hari ke depan. Pelepasan jamah haji ikut dirangkai dengan peusijuk jamaah calon haji dan dilanjutkan tausiyah oleh Ketua PHBI Kecamatan Seruway Syaiful Umar, S.Ag.

Cegah DBD,Muspika Seruway Gelar "Grebek DBD" di Kampung Alum Alim.

SERUWAY – Untuk mencegah korban nyamuk Aedes Aegypti yang sedang melanda di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Kecamatan Seruway, Camat Seruway bersama Muspika Kecamatan Seruway serta masyarakat Kampung Alur Alim melaksanakan "Grebek DBD" atau bergotong royong membersihkan lingkungan guna mencegah berkembangnya nyamuk penyebar virus yang sangat berbahaya tersebut,Jumat, (19/07/2019).

Nyamuk Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue A, aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning, chikungunya, dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika.

Plt.Camat Seruway Padiluk Tahir, SE melalui Sekretaris Kecamatan Cakra Agie Winapati, S.IP mengatakan, selain gotong royong membersihkan lingkungan agar selalu bersih, masyarakat juga kita ingatkan bahayanya dan cara pencegahan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti.

“Sebagai pencegahan kami melakukan "Grebek DBD" ini untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti.” terang Cakra.
Meski warga Kampung Alur Alim belum ada yang terserang demam berdarah, langkah ini dilakukan sebagai kegiatan positif untuk meningkatkan kebersamaan antar warga.” Selain untuk pencegahan demam berdarah, gotong royong ini juga untuk mengingatkan warga akan arti kebersamaan,” pungkas Cakra.

Camat Seruway Padiluk Tahir, SE juga menghimbau dan akan terus mensosialisasikan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar penyebaran korban DBD bisa dicegah.

“Kita terus melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui program "Grebek DBD" ini supaya terus menjaga kebersihan lingkungan agar korban DBD bisa terhindarkan, ” jelasnya.

Selain dari pihak Camat Seruway, nampak dalam acara gotong royong menjaga lingkungan dan sosialisasi pencegahan DBD juga dihadiri Kapolsek Seruway beserta anggota Polsek Seruway ,Danramil Seruway  beserta anggota, Kepala Puskesmas Seruway bersama staf Puskesmas dan juga masyarakat Alur alim.(Fz)

Lelang Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Aceh Tamiang

#Kepada Seluruh Masyarakat Dalam kecamatan Seruway

 

1.Sehubungan dengan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang nomor :032/4044 Tentang Lelang Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Aceh Tamiang yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa ,16 Juli 2019

Pukul           : 10.00 WIB s.d 12.00 WIB (waktu server)

2.Maka bersama ini kami informasikan kepada masyarakat daftar barang yang akan dilelang serta syarat-Syarat pelelangan.