Jadwal Musyawarah Verifikasi dan Validasi data penduduk miskin Kecamatan Seruway 2019

Sehubungan dengan kegiatan Verifikasi dan Validasi data terpadu penduduk miskin Aceh Tamiang tahun 2019 di himbau kepada Masyarakat Kecamatan Seruway untuk melaporkan kepada Perangkat Desa apabila ada masyarakat/sanak saudara/tetangga yang dalam tidak mampu/miskin agar di masukkan sebagai data terpadu penduduk miskin Kabupaten Aceh Tamiang 2019,dimana Musyawarah tersebut sebagaimana jadwal terlampir :

186 Orang Linmas Se-Kecamatan Seruway Ikuti Pelatihan

Seruway – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Satpol PP Aceh Tamiang bekerja sama dengan TNI,POLRI dan PPK Kecamatan Seruway memberikan pembekalan dan pelatihan terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Se-Kecamatan Seruway. Pembekalan dan pelatihan dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Seruway, Rabu (20/03/2019) pagi.

Kata Sambutan dan pembukaan acara oleh Camat Seruway Husaini, SH kemudian sambutan dari Kepala Satpol PP Aceh Tamiang melalui Sekretaris Satpol PP Achmad Yuharda, AP.Pemateri pertama yaitu Danramil Seruway Kapt.P.Siregar yang mana menyampaikan tugas-tugas pokok Linmas,TNI Serta Polri menjelang Pemilu 2019. dari pihak Polsek Seruway yang diwakili oleh WakaPolsek Seruway Ipda H.Sakri yang menyampaikan pembekalan dan pelatihan Linmas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas di wilayah Kecamatan Seruway dan agar tidak terpengaruh oleh berita-berita Hoax yang banyak beredar di media sosial menjelang Pemilu 2019 ini kemudian di lanjutkan Pembekalan dari pihak Penyelenggara Pemilu yaitu PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang disampaikan sdr.Hermansyah selaku Divisi SDM yang mana hermansyah menerangkan tentang Tupoksi dan SOP Linmas selaku garda terdepan nanti di TPS.

Pembekalan dan pelatihan ini diikuti oleh 186 orang Linmas dari 24 Kampung Sekecamatan Seruway dan dijadwalkan akan berlangsung 2 hari yaitu 20 s/d 21 Maret 2019 ,Setelah dilakukan pembekalan dan pemberian materi kepada para Linmas dilanjutkan dengan latihan praktek. Dalam praktek, diajarkan secara langsung pelatihan baris berbaris mulai dari latihan penghormatan, sikap siap, sikap istirahat serta praktek langsung dalam menghadapi masalah apapun nantinya di TPS .(fz)

 

Musrenbang Kecamatan Seruway Prioritaskan Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi

Kecamatan Seruway menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Camat Seruway, yang di buka oleh Camat Seruway Husaini,SH, Kamis (14/02/2019).

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Danramil Seruway,Kapolsek Seruway,Perwakilan SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang,Delegasi Kampung (Datok Penghulu,Sekretaris dan MDSK), Kelompok-kelompok sektoral tingkatan kecamatan seperti: Petani,nelayan dll,Kelompok perempuan, serta kelompok lainnya, dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Aceh Tamiang khususnya dari Dapil II yaitu di Antaranya Bapak Edi Susanto,H.Saiful Sofyan, Sugiono Sukandar, Muhammad Nuh, Ibu Juniati, Erawati Is, Irma Suryani, Ngatiyem.

Camat Seruway Husaini, SH di awla Sambutannya mengucapkan Ribuan Terima Kasih kepada para Anggota Dewan yang berkenan hadir  dalam musrenbang 2019 ini, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kampung/desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kampung di kecamatan yang bersangkutan.Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.Lembaga penyelenggara Musrenbang kecamatan adalah kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu,dan dokumen-dokumen yang relevan untuk penyelenggaraan Musrenbang kecamatan.

Kepala Bappeda Drs.Rianto Waris dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan Pembangunan, Ismawati, Sp. mengatakan,“Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan Desa/Kampung di lingkup Kecamatan yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kampung, yang diintegrasikan dengan Prioritas Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan yang mencakup : 1. Usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kampung yang tertuang dalam daftar usulan Desa/Kampung yang akan menjadi Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan harus sesuai dengan Sasaran dan Prioritas Pembangunan; 2. Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa; dan 3. Pengelompokan Kegiatan Prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota,”.

 

Rekrutmen KPPS

Aceh Tamiang (01/03/2019) Dalam rangka Seleksi Calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk  Pemilihan  Umum  2019, Komisi Pemilihan Umum melalui Panitia  Pemungutan  Suara (PPS) Kampung/Desa mengundang   Warga   Negara    Indonesia   yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Kelompok Penyelenggara  Pemungutan  Suara  (KPPS) untuk  Pemilihan  Umum  2019  dengan ketentuan sebagai berikut:

Persyaratan:

  1. warga negara Indonesia;
  2. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun;
  3. setia kepada  Pancasila  sebagai  dasar  Negara,  Undang-Undang  Dasar Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945,  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus1945;
  4. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
  5. tidak menjadi  anggota  Partai  Politik  yang  dinyatakan  dengan  surat pernyataan  yang  sah  atau  paling  singkat  5  (lima)  tahun  tidak  lagi menjadi   anggota   partai   politik   yang   dibuktikan   dengan   surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
  6. berdomisili dalam wilayah kerja KPPS;
  7. bebas dari penyalahgunaan narkotika dan mampu secara jasmani dan rohani;
  8. berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat;
  9. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh  kekuatan  hukum  tetap  karena  melakukan  tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
  10. tidak pernah   dijatuhi   sanksi   pemberhentian   tetap   oleh   KPU/KIP Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu;
  11. belum pernah menjabat 2 (dua) kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS
  12. tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu;
  13. tidak menjadi tim kampanye Peserta Pemilu yang dinyatakan  dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi  tim kampanye  Peserta  Pemilu  yang dibuktikan  dengan  surat keterangan  dari  pengurus  Partai  Politik  dan  tim  kampanye  sesuai tingkatannya;
  14. mampu secara jasmani dan rohani.

Pendaftar membawa kelengkapan dokumen berupa:

  1. fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik.
  2. surat pernyataan (Download Surat Pernyataan)
  3. surat   keterangan mampu secara jasmani dan rohani dari puskesmas atau rumah sakit setempat. 
  4. fotokopi ijazah  sekolah  menengah  atas/sederajat  atau  ijazah  terakhir yang  dilegalisasi  oleh  pejabat  yang  berwenang  atau  surat  keterangan dari   lembaga   pendidikan   formal   yang   menyatakan   bahwa   yang bersangkutan    sedang    menjalani    pendidikan    sekolah    menengah atas/sederajat.

Jadwal Pendaftaran Sebagai Berikut :

NO

TAHAPAN

TANGGAL

MULAI

BERAKHIR

1.

Pengumuman

28 Februari 2019

12 Maret 2019

2.

pendaftaran calon anggota KPPS

1 Maret 2019

12 Maret 2019

3.

Penelitian Administrasi kelengkapan persyaratan calon anggota KPPS

8 Maret 2019

14 Maret 2019

4.

Pengumuman hasil penelitian administrasi kelengkapan persyaratan calon Anggota KPPS

15 Maret 2019

16 Maret 2019

5.

Masukan dan tanggapan masyarakat terhadap calon anggota KPPS

17 Maret 2019

22 Maret 2019

6.

Panitia Pemungutan Suara menetapkan dan Mengumumkan hasil seleksi calon anggota KPPS

23 Maret 2019

7.

Panitia Pemungutan Suara menyampaikan hasil seleksi calon Anggota KPPS kepada Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang melalui PPK

24 Maret 2019

 

Kelengkapan     dokumen     diantar     langsung     ke     Sekretariat     PPS dimasing-masing Kampung dalam Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang paling lambat tanggal 12 Maret 2019.

24 Orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang "Mengabdi" di Seruway

Seruway. (12 Februari 2019) dilaksanakan penyerahan peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang sejumlah 38 mahasiwa. Penyerahan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Seruway, Kecamatan Seruway.
Pembukaan serah terima KPM dihadiri oleh Perwakilan Bidang Akademis STAI Aceh Tamiang, Camat Seruway,Datok Penghulu Kampung Matang Sentang, Datok Penghulu Kampung Gedung Biara,Sekretaris Kampung Alur Alim, perwakilan Koramil dan Polsek Kecamatan Seruway, seluruh Dosen pembimbing KPM dan seluruh peserta KPM.

Dalam sambutannya Camat Seruway Husaini, SH menyampaikan Mahasiswa diharapkan mampu memberikan dan mengambil nilai-nilai positf di Masyarakat dan begitu juga sebaliknya untuk nilai-nilai negatif, meski hanya sebentar waktu pelaksanaan KPM ini Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama di perkuliahan sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di Kampung yang akan di tempati untuk pengabdian nantinya.