8 Datok Penghulu dalam Kecamatan Seruway laksanakan Sertijab

Seruway - Setelah dilantik Wakil Bupati Aceh Tamiang, T.Insyafuddin, ST pada Rabu (03/10/2019) lalu,8 Datok Penghulu dalam Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) di Halaman Kantor Camat Seruway, Kamis (10/10/2019).

Delapan Datok Penghulu terpilih hasil pemilihan beberapa bulan yang lalu untuk periode 2019 -2025 yang gelar serah terima dari Datok Penghulu lama ke Datok Penghulu yang baru tersebut adalah Datok Penghulu Perk.Seruway, Binjai, Tangsi Lama, Pekan Seruway, Perk.Gedung Biara, Alur Alim, Matang Sentang dan Sungai Kuruk II.

Camat Seruway, M.Hans Marta Kesuma, S.STP, M.SP mengatakan, penyerahan tugas dari Datok Penghulu Lama ke Datok baru perlu dilakukan agar sesuai dengan aturan dan roda pemerintahan juga berjalan lancar.

Camat Seruway ini mengucapkan terimakasih kepada Datok Penghulu lama atas dedikasinya selama menjabat dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan peningkatan kegiatan lain.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada Datok Penghulu yang baru dan segeralah menyesuaikan diri untuk melaksanakan roda pemerintahan di Kampung masing-masing dengan baik bersama perangkat desa," tandasnya.

M.Hans berharap 24 Datok Penghulu di wilayah Kecamatan Seruway untuk melakukan sinergi yang baik dengan forum pimpinan kecamatan (Forpimcam). Sehingga jika terjadi sesuatu hal bisa segera diselesaikan dengan cepat.

 1_3.jpg - 335.24 kB

Hadir dalam acara perangkat desa, Datok Penghulu dalam Kecamatan Seruway, MDSK, tokoh masyarakat, dan Muspika Seruway.

Dalam serah terima jabatan tersebut ditandai dengan penyerahan berita acara serah terima jabatan dari Datok Penghulu lama kepada Datok Penghulu Baru.

Setelah prosesi penyerahan berita acara serah terima jabatan dilakukan, di lanjutkan dengan pelantikan dan Serah terima Jabatan Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD di masing-masing Kampung.(Fz)

Forum Komunikasi Publik Penyusunan dan Penetapan Standard Pelayanan PATEN Seruway

SERUWAY Sebagai amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan implementasinya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Seruway telah menyusun Standar Pelayanan (09/10/2019)

Untuk mensosialisasikan standar pelayanan pada PATEN Kecamatan Seruway, maka pada hari Rabu, 09 Oktober 2019, bertempat di Aula Kantor Camat Seruway, telah diselenggarakan Public Hearing Standar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Seruway. Acara yang dihadiri oleh lebih kurang 50 orang stakeholders pengguna layanan PATEN Seruway, bertujuan untuk menjaring masukan terhadap standar pelayanan publik yang diberikan oleh PATEN Seruway.

Standar pelayanan tersebut sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan, dan acuan penilaian kualitas pelayanan, sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat, dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Acara yang dipimpin oleh Camat Seruway M.Hans Marta Kesuma, S.STP, M.SP ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara public hearing standar pelayanan PATEN Seruway yang di wakili Dari Datok Penghulu, Akademisi, Pengusaha dan LSM yang disaksikan oleh Anggota DPRK Aceh Tamiang Jayanti Sari, SH.(Fz)
 
 
Berita Acara Kesepakatan PATEN Seruway Lihat
Standard dan Maklumat Pelayanan Paten Seruway Lihat
 

Serah Terima Jabatan Camat serta pelantikan dan Serah terima Jabatan Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Seruway

SERUWAY - Kantor Camat Seruway Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan acara serah terima Jabatan dari Husaini, SH selaku Camat Seruway yang lama ke Muhammad Hans Mertha Kesuma, S. STP, M.SP selaku Camat Seruway yang baru, sekaligus pelantikan Ketua PKK Kecamatan Seruway yang dihadiri langsung oleh Ketua PKK Kabupaten Aceh Tamiang Ny. Rita Syntia. ST, MM yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Kecamatan Seruway ( 04/08/2019 ).

Selain dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tamiang, acara sertijab tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tamiang T.Insyafuddin ST.Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tamiang Mursil. SH, M.Kn melalui Wakil Bupati Aceh Tamiang T.Insyafuddin. ST mengatakan, pergantian dan Mutasi Jabatan di lingkungan pemerintah merupakan hal yang biasa disamping sebagai penilai karir mutasi juga dilakukan dalam rangka penyegaran kerja aparatur sipil negara.

" Selain itu dalam pergantian tentunya kepada pejabat yang baru harus memiliki target untuk memajukan wilayah yang di pimpinnya. Begitu pula jika dalam peninggalan dari pejabat lama yang belum tuntas, pejabat baru harus meneruskan karena itu merupakan program. Harus ada perubahan dan kemajuan ". Ujar Wabup.

Wabup T.Insyafuddin juga mengingatkan, suatu pemerintahan tentunya akan di tuntut dalam pengoptimalan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai kepala wilayah juga diharapkan mampu mendeteksi lebih dini persoalan yang ada di wilayah masing-masing.

" Kecamatan Seruway merupakan salah satu Kecamatan tertua di Kabupaten Aceh Tamiang yang sebagian wilayahnya adalah pesisir dengan mata pencaharian sebagai nelayan,hal ini harus diefektifkan dan dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Camatnya harus mampu memanfaatkan histori seperti ini,untuk menjadikan sebuah peluang besar membangun perekonomian masyarakatnya". Kata Bupati melalui Wabup T.Insyafuddin.


di samping serah terima jabatan Camat turut juga dilantik tim penggerak PKK dan bunda PAUD Kecamatan Seruway, "kami mengaharapkan kepada Camat selaku pembina PKK ditingkat Kecamatan untuk dapat lebih memberdayakan PKK, optimalisasikan potensi Kampung melalui pelatihan-pelatihan yang mendongkrak perekonomian baik ditingkat Kecamatan maupun ditingkat Kampung.melalui TP-PKK Kecamatan masih banyak potensi Kampung yang dapat dikembangkan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di pedesaan terutama di bidang pemberdayaan ekonomi rakyat."pesan Bupati.


Bupati Juga mengucapkan terima kasih kepada Camat yang lama Husaini, SH atas jasa-jasa dan bakti yang telah dilakukan di Kecamatan Seruway, dan kepada Camat yang baru M.Hans Mertha Kesuma, S.STP, M.SP kami mengharapkan nantinya dapat melaksanakan tugas dengan jujur dan penuh tanggung jawab, agar dapat berkeja dengan arif dan ikhlas untuk bekerja lebih baik lagi, Camat harus dapat melahirkan prestasi yang membanggakan dan dapat menjadi tauladan bagi Masyarakat.Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara peusijuk kepada Camat Seruway yang baru M.Hans Martha Kesuma, S.STP, M.SP.

Tampak hadir dalam acara sertijab ini plt.Camat Seruway sebelumnya Drs.Sepriyanto dan Padiluk Tahir, SE,para Staf Ahli Bupati Aceh Tamiang, Inspektur Aceh Tamiang Drs.Asra, Kepala BKPSDM Aceh Tamiang Dra.Fauziati, Kepala Bagian Humas Agusliayana Devita, S.STP, Para Kepala Dinas dalam Kabupaten Aceh Tamiang, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, unsur Forkopimcam Kecamatan Seruway, para Datok Penghulu dan Imam Kampung dalam Kecamatan Seruway, perwakilan SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, dan para Tokoh Masyarakat. (fz)

Gelar Meudrah di Seruway,MPD Aceh Tamiang cari tahu Masalah Pendidikan di Seruway

Seruway- Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Tamiang menggelar 'meudrah' untuk menjaring aspirasi dan permasalahan pendidikan di Kecamatan Seruway dengan Masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Seruway, Rabu (09/10/2019), itu diikuti Datok Penghulu, pemuda dan Masyarakat dari Kecamatan Seruway.

Ketua MPD Aceh Tamiang, Fahmizar, S.Pd, mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk masalah yang dihadapi Masyarakat dalam dunia pendidikan.

"Bila ditemukan permasalahan, kemudian MPD akan mengajukan usulan semacam rekomendasi kepada pemerintah Kabupaten dan DPRA serta pemerintah kabupaten," ujarnya.

"Ada banyak hal yang sangat penting dalam aspirasi dengan masyarakat tadi, untuk itu kami sebagai mediator untuk menjebatani keluh-kesah, pendapat dan saran masyarakat, ke depan akan memberikan pendapat masyarakat tersebut kepada pihak terkait," katanya.

Disebutkan, keluh-kesah dari masyarakat tersebut bermacam-macam. Termasuk ketidaktersediaan PAUD di beberapa kampung, dan keterbatasan ekonomi masyarakat yang membuat anak-anak menjadi putus sekolah.(Fz)

 

 

Peringatan HUT RI ke 74 Kecamatan Seruway

SERUWAY - Upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang dilaksanakan di lapangan Sepakbola Pekan Seruway , berlangsung khidmat.

Setelah upacara berlangsung, rangkaian acara memeriahkan HUT ke-74 RI dengan berbagai aneka lomba yang diikuti oleh siswa-siswi yang ada di Kecamatan Seruway, para peserta lomba sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian upacara yang berlangsung meriah dan khidmat di lapngan Sepakbola Pekan Seruway.

 berikut serba-serbi 17 Agustus 2019: